PENGUMUMAN!
INI MILIK INDONESIA!
CIRI-CIRI TARI WILAYAH INDONESIA TIMUR
Masyarakat Indonesia bagian timur, terkenal dengan ketaatannya pada para pendahulunya, maka warisan budaya leluhurnya dilestarikan dan dikembangkan terus menerus dari satu generasi ke generasi yang lain. Contoh masyrakat Indonesia timur adalah masyarakat Papua, Maluku, NTT. Ragam gerak tari daerah wilayah timur Indonesiasangat ekspresif, banyak menggunaakan gerak gerik maknawi. Penampilannya dilakuakn secara koleltif, cenderung membentuk formasi gerak melingkar, berbanajr dengan tumpuan , dan loncatan kaki yang terkesan kuat dengan gerak tangan  yang melenggang dan mengayun mengikuti langkah kaki serta posisi badan sedikit condong  ke depan.
Contoh :
Tari Penobatan Kepal Suku Lani
Suku Lani merupakan salah satu etnis asli Papua yamg mendiami Kabupaten Puncak Wijaya bagian pegunungan tengah.Mereka memiliki adat-istiadat memilih kepala suku baru untuk menggantikan kepala suku yang lama. Pada saat penobatan kepala suku, tari penobatan pun ditampilkan. Tari penobatan merupakan prosesi peresmian kepala suku yang aakn dilantik. Dalam penampilan ini, iringan music menggunakan memekai, yaitu alat music petik tradisional suku Lani, yang digabung dengan beberapa alat music modern disertai lantunan lagu daerah.
Tari Nokoro
Salah satu suku yang mendiami wilayah Papua adalh Suku Komoro. Suku Komoro mendiami kawasan pantai Timika, Kecamatan Timika Timur, Kabupaten Mimika. Mata pencaharian penduduk suku Komoro  pada umumnya adalah nelayan.Kebiasaan masyarakat suku Komoro selalu melakukan ritual adat yang dilengkapi dengan tari-tarian.Tarian yang disakralkan oleh suku Komoro adalah Tari Nokoro. Tari Nokoro ditarikan pada saat membuat perahu di tengah hutan . Jadi, tarian ini mempunyai tujuan agar mendapat keselamatan dan memperoleh hasil penangkapan ikan yang lebih banyak untuk memenuhi kebutuhan hidup.Kini, tarian tersebut tidak sesakral dulu lagi.
Tari Tifa
Tari Tifa berasal dari Kabupaten Maluku Tenggara. Tarian ini merupakan tarian gembira yang sering dipertunjukkan pada saat penyambutan tamu dan malam ramah tamah. Tarian ini dipertunjukkan sebagai ungkapan rasa syukur yang disampaikan melalui syair san nada kepada Tuhan. Meskipun keberadaannya terdesak oleh budaya asing, tarian ini masih ditarikan sampai sekarang.
Tari Naikonos
Tari Naikonos bersal dari Pulau Timor,NTT. Tarian ini ditampilkan  sebagai ungkapan kegembiraan para gadis dan jejaka dalam menyambut tamu pada waktu perayaan upacar pernikahan . tarian ini juga ditampilkan sebagai ungkapan kemenangan pada waktu menyambut kedatangan pahlawan.
Tari Siyer Male
Tari Siyer Male berasal dari Sumbawa.tarian ini merupakan tari kreasi baru yang digarap dari berbagai ragam tari Sumbawa dalam mennyanbut upacara Maulid Nabi Muhammad yang dikenal dengan upacara Munit Adit. Iringan tarian ini digarap dengan sentuhan nuansa Islami.
Sumber : Sugianto, dkk.2005.kesenian untuk kelas viii.Demak:Erlangga


ShoutMix chat widget
Welcome to My Website
PESONA BUDAYA NEGERIKU