PENGUMUMAN!
INI MILIK INDONESIA!
CIRI-CIRI TARI DAERAH SUMATERA
Masyarakat Sumatera memiliki berbagai macam bentuk seni tari daerah. Berbagai macam tari daerah tersebut dipengaruhi oleh budaya dan adat-istiadat yang berbeda-beda pula.seperti di Nanggroe Aceh Darussalam, Medan, Jambi, Padang Dan Lampung.
a.Ciri-ciri tari daerah di Nanggroe Aceh Darussalam
Ciri-ciri tari daerah di Nanggroe Aceh Darussalam adalah peragaanyan lindah, luwes dan ringan. Cirri seperti ini juga menampakkan kekompakan disertai dengan tepukan tangan, dada, petika jari-jemari , dan tepukan terbang atau rebana kecil. Contoh tari dari NAD adalah Tari Zapin, Tari Saman , Tari Seudati.
b.Ciri-ciri tari daerah dari Sumatera Barat
Ciri-ciri tari daerah dari Sumatera Barat adalah gerak yang diperagakan sangat maknawi, sederhana tetapi mendalam, sarat dengan gerakan tangan dengan jari-jari yang membuka, patah-patah menyiku Nampak berat tetapi kuat, badan turun naik atau ke kanan dan ke kiri, dan memutar. Tarian banyak yang diperankan secara berpasangan dan kelompok. Contoh:tari indang sarasa.
c.Ciri-ciri tari daerah dari Sumatera Utara
Tari daerah Sumatera Utara kaya akan jenis tari pergaulan yang ditarikan secara berpasangan, lincah, ringan , dinamis dan sangat energik. Tangannya melenggang, kakinya Nampak meloncat-loncat seperti tari serampang dua belas. Sedangkan Tari Tor-Tor Pandungo-Dungoi, gerak jari-jari tangnnya merapat turun naik, memutar, sedikit merunduk, dan Nampak lebih lincah.
d.Ciri-ciri tari daerah dari Sumatera Selatan
Cirri gerak tari daerah ini dipengaruhi ragam tari klasik atau istana dari kerajaan Sriwijaya. Gerakannya lindah mengalir, jari-jarinya lentik membawa cawan berisi lilin,, badannya merndah, langkahnya melenggang membawa lilin (Tari Genta Siwa
e.Ciri-ciri tari daerah dari Jambi/ Riau
Masyarakt Jambi dan Riau mempunyai bentuk tari yang hampir sama, yiatu cepat, lincah dan dinamis. Bentuk tari ini dipengaruhi oleh budaya Melayu. Gerakannya rampak/serempakdengan loncatan dan putaran badan disertai liukan tubuh, baik putra maupun putrid.contoh: Tari Zarra Zapin, Tari Menapak Fajar




Sumber : Sugianto, dkk.2005.kesenian untuk kelas viii.Demak:Erlangga


ShoutMix chat widget
Welcome to My Website
PESONA BUDAYA NEGERIKU